Lampu TL Explosion Proof
31
Agu

Lampu TL Explosion Proof Bedanya Dari Lampu Pijar

Lampu adalah sebuah peranti yang memproduksi cahaya. Dalam melakukan aktivitas sehari-hari sangatlah perlu cahaya yang baik agar kegiatan yang kita lakukan dapat berlangsung dengan lancar.

Salah satu jenis lampu yang umum yang sering digunakan, baik di kawasan perumahan maupun perkantoran, adalah lampu TL (tube luminescent). Lampu ini juga sering disebut tube lamp karena bentuknya yang seperti tabung. Lampu TL Explosion Proof sendiri memanfaatkan lapisan fluorescent dan gas neon yang berpendar ketika arus listrik mengalir. Itulah sebabnya lampu ini lebih Anda kenal sebagai lampu neon.

Saat ini, sudah ada berbagai jenis lampu yang menggunakan teknologi berbeda. Masing-masing tentu memiliki keunggulan tersendiri. Khusus untuk lampu TL, ini beberapa alasan untuk tetap menggunakan lampu ini :

  1. Lampu TL lebih hemat energi daripada lampu pijar

Keunggulan dari lampu ini adalah mengandalkan fluorescent. Yaitu terpancarnya sinar oleh suatu zat yang telah menyerap sinar atau radiasi elektromagnet lain yang nantinya menghasilkan lebih hemat energi jika dibandingkan dengan lampu pijar.

Bagaimana bisa? Jika kita perhatikan, lampu TL menghasilkan 50 hingga 100 lumens (jumlah cahaya) per watt. Sedangkan lampu pijar hanya menghasilkan 16 lumens per watt.

Dengan kapasitas tersebut, input energi yang lampu TL butuhkan lebih rendah untuk menghasilkan jumlah cahaya yang sama dengan lampu pijar. Hal ini secara otomatis akan membuat konsumsi listrik lebih efisien. Pengeluaran biaya juga lebih rendah.

  1. Umur Operasional Lampu Yang Lebih Panjang

Keunggulan lain dari lampu TL adalah dalam hal umur operasionalnya. Jika dibandingkan dengan lampu pijar, lampu neon dapat bertahan 10 hingga 20 kali lebih lama. Jenis lampu ini dapat bertahan selama 6.000 hingga 15.000 jam. Durasi penggunaan yang sangat panjang akan berpengaruh terhadap efisiensi waktu dan biaya dalam hal pemeliharaan lampu.

  1. Menghasilkan Cahaya yang lebih baik

Sebagian besar jenis lampu neon atau tabung dapat menyebarkan cahaya yang lebih merata daripada lampu pijar. Karena Lampu ini juga merupakan sumber cahaya yang lebih besar. Karena hal tersebut membuat kualitas penerangan ruangan yang menggunakan lampu TL pun lebih baik.

  1. Emisi panas dari lampu TL lebih sedikit

Emisi adalah zat, energi atau komponen lain yang merupakan hasil dari suatu kegiatan yang masuk ke dalam udara yang mempunyai atau tidak mempunyai potensi sebagai unsur pencemar.

Hal tersebut berkaitan dengan kebutuhan jumlah energi untuk menyalakan lampu. Secara otomatis Lampu pijar yang memerlukan banyak input energi akan menghasilkan panas yang lebih tinggi.

Sementara itu, lampu TL mengubah 22 persen energi yang digunakannya menjadi cahaya. Jumlah ini jauh lebih banyak bandingkan lampu pijar. Keunggulan ini akan memberikan manfaat lain bagi pengguna, yaitu lebih efisien biaya dalam penggunaan AC.

Selain memiliki beberapa keunggulan Lampu TL Explosion Proof juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya, lebih mahal karena proses produksinya yang rumit. Namun, dengan pertimbangan umur operasional yang lebih panjang, harga ini termasuk ekonomis.

Baca juga :

Lampu LED Explosion Proof Sebagai Penerangan Industri